Frame Aluminium Ducati: Capirossi Yakin, Rossi Ragu

Thursday, July 28, 2011

ITGP – Hasil yang diraih Ducati hingga melewati pertengahan musim 2011 jelas tidak membuat pabrikan asal Italia itu puas. Tetapi mereka masih jauh dari kata menyerah. Kabar terbaru, Ducati akan beralih ke frame aluminium menggantikan frame serat karbon. Loris Capirossi yakin perubahan  tersebut dapat meminimalisir problem Ducati saat ini, sementara Valentino Rossi lebih berhati-hati menmyikapi perubahan tersebut.
Rossi Capirossi Frame Aluminium Ducati: Capirossi Yakin, Rossi Ragu
“Dalam pendapat saya Ducati sudah bekerja untuk membuat motor yang berbeda. Kami telah meminta Filippo (Preziosi) membuat chassis nyata pada motor itu. Masalah dengan Ducati adalah rigidity (kekakuan). Anda tidak membuat kekakuan dengan swingarm dan front-end“, ungkap Capirossi seperti dilansir oleh MCN.
“Bagian yang paling penting adalah tengah dan mesin (dimana) Anda tidak dapat mengubah kekakuan. Anda dapat bekerja sedikit dengan (bagian) depan dan belakang tapi Anda tidak dapat melakukan apa-apa dengan mesin. Tidak ada flex di bagian tengah motor”, beber Loris lagi.
Ketika ditanya apakah Ducati secara khusus merenungkan kembali pada kerangka aluminium, Capirossi -yang kabarnya akan mengmumkan pensiun di seri Brno- menjawab: “Tentu Ducati berpikir tentang itu dan Valentino memberikan Ducati tekanan yang benar-benar keras dan inilah mengapa kita sudah melihat motor 2012.”
Ducati telah menggunakan frame serat karbon sejak tahun 2009 setelah meninggalkan frame tradisional tubular baja yang sudah dipakai sejak memasuki MotoGP tahun 2003. Tapi Capirossi mengatakan konsep yang sekarang tidak bekerja karena kurangnya front-end feeling.
“Anda tidak merasakan apa-apa. Anda tidak merasakan ban dan Anda tidak merasakan tanah. Saya tidak tahu apa yang terjadi, saya tidak punya feeling apapun dan saya tidak tahu di mana limitnya. Anda mencoba dan berpikir feeling tidak terlalu buruk tapi ketika Anda mencoba sedikit lebih Anda kehilangan bagian depan. Ini adalah masalah terbesar.”
“Bila Anda memiliki masalah dengan bagian belakang maka anda dapat mengontrol dan menggeser tetapi dengan (bagian) depan Anda tidak dapat melakukan apa-apa.”
Lain Capirex lain Rossi. Ketika ditanya apakah perubahan frame itu benar-benar akan mampu mengatasi masalah front-end pada motor Duacti, Rossi tak mau memberi jawaban tegas.
“Sungguh Saya tidak tahu karena saya seorang pembalap dan saya tidak memiliki jawabannya. Saya berharap di Ducati seseorang memiliki sebuah jawaban”, elak Rossi.
“Satu sudah cukup dan kami berharap ini adalah yang benar”, lanjut The Doctor.
Keraguan Rossi untuk mendesak direktur teknik Filippo Preziosi meninggalkan frame serat karbon didasarkan pada kenyataan bahwa frame serat karbon yang ada sekarang tidak sama dengan yang dipakai oleh Capirossi.

No comments:

Post a Comment


 
© Copyright 2011-2012 Simoncelli MotoGP All Rights Reserved.
Template Design by Simoncelli MotoGP | Published by Bloggers Templates | Powered by Blogger.com.