Menyambut Bulan Suci Ramadhan

Saturday, July 30, 2011

Alangkah bahagianya kaum muslimin dengan kedatangan bulan Ramadhan, bulan yang penuh keberkahan, bulan Al-Qur'an, bulan ampunan, bulan kasih sayang, bulan doa, bulan taubat, bulan kesabaran , dan bulan pembebasan dari api neraka, Bulan yang di tunggu-tunggu kedatangannya oleh segenap kaum muslimin. Bulan yang sebelum kedatangan Rassullah SAW, berdoa kepada Allah : "ya Allah berkahilah kami pada bulan Rajab dan Sya'ban dan sampaikanlah kami ke bulan ramadhan." Bulan yang dimana orang-orang saleh dan para generasi salaf berdoa kepada allah agar mereka disampaikan ke bulan ramadhan enam bulan sebelum kedatangannya, Mualia bin al-fadhi berkata: " Mereka (salaf) selama enam bulan berdoa kepada allah supaya disampaikan ke bulan ramadhan, dan berdoa enam bulan selanjutnya agar amalan mereka pada bulan ramdhan diterima." Kenapa mereka begitu bersungguh memohon kepada allah agar disampaikan ke bulan ramadhan?? berikut sabda Rasullah SAW. Ketika beliau memberi kabar para sahabatnya dengan kedatangannya bulan ramadhan : "Ketika datang malam pertama dari bulan ramadhan seluruh setan dibelenggu, dan seluruh jin diikat, semua pintu-pintu neraka ditutp, tidak ada satupun pintu yang terbuka, semua pintu syurga lah dibuka hingga tidak ada satupun pintu syurga yang tertutup".

Perkara yang harus di persiapkan menjelang kedatangan bulan Ramadhan

1) Niat yang sungguh-sungguh
Tancapkanlah niat untuk menjadikan Ramadhan kali ini dan selanjutnya sebagai muslim untuk menghasilkan berbagai macam kebaikan dan memetik pahala sebanyak-banyaknya. Anggaplah Ramadhan kali ini sebagai ramadhan terkhir yang kita lalui karena kita tidak bisa menjamin kita akan bertemu ramadhan di tahun-tahun berikutnya, tanamkanlah tekad yang disertai dengan keiklasan untuk konsisten salam beramal saleh.

2) Bertaubat dengan sungguh-sungguh
"Setiap manusia adalah pendosa dan sebail-baiknya pendosa adalah yang bertaubat" demikian sabda Rasullah SAW. seperti yang diwartakan Ahmad dan ibnu majah. Ramadhan adalah bulan yang sangat layak untuk memperbarui taubat, karena di dalamnya dilipatkangandakan kebaikan dihapuskan dan di ampuni dosa, diangkat derajat. Jika seorang hamba selalu di tuntut untuk bertaubat setiap waktu, maka taubat pada bulan ramadhan ini lebih dituntut lagi karena ramadhan adalah bulan mulia waktu dimana rahmat-rahmat allah turun ke bumi.

3) Mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan puasa dan ibadah ramadhan lain.
Ilmu adalah diwajikan kepada setiap hambanya setriap muslim wajib mempelajari ilmu tersebut, karena sah atau tidaknya ibadah kali ini dan yang dilakukannya tergantung dengan pengetahuannya.

4) Persiapan fisik dan jasmani
Menahan diri untuk tidak makan dan minum seharian penuh selam sebulan tentu memerlukan kekuatan fisik yang tidak sedikit, belum lagi kekuatan yang dibutuhkan untuk menghidupkan malam-malam ramadhan dengan shalat taraweh dan salat sunnah laennya, ditambah kekuatan untuk memperbanyak membaca Al-Qur'an dan beritikaf selama sepuluh hari di akhir Ramadhan. Kesemua hal ini menuntut kita selalu dalam kondisi prima sehingga dapat memanfaatkan Ramadhan dengan optimal dan maksimal. melakukan puasa sunnah pada sebelum Ramadhan dengan adalah salah satu cara melatih diri untuk mempersiapkan dan menghadapi Ramadhan.


Amalan-Amalan yang dianjurkan dibulan Ramadhan :
  1. Puasa : Allah memerintahkan berpuasa dibulan Ramadhan sebagai salah satu rukun islam.
  2. Membaca al-Qur'an : Membaca al-qur'an sangatlah dianjurkan bagi setiap muslim di setiap waktu dan kesempatan.
  3. Menghidupkan malam-malam bulan ramadhan dengan shalat taraweh berjamaah
  4. Menghidupkan malam-malam Lailatul qadar
  5. I'tikaf dimalam Lailatul Qadar
  6. Memperbanyak sedekah
  7. Melaksanakan ibadah umrah bagi yang mampu
  8. Memberi buka puasa kepada fakir miskin
  9. Memperbanyak berbuat kebaikan

Bulan Ramadhan adalah peluang emas bagi setiap muslim untuk menambah rekening pahalanya di sisi Allah. Raihlah setiap peluang untuk berbuat kebaikan sekecil apapun meskipun hanya sekedar tersenyum di depan orang lain. Semoga kita termasuk orang-orang yang bisa memanfaatkan momentum ramadhan untuk merealisasikan ketakwaan diri kita dan bisa meraih predikat "bebas dari neraka" aminnn

Wakullu Am wa antum bikhair

No comments:

Post a Comment


 
© Copyright 2011-2012 Simoncelli MotoGP All Rights Reserved.
Template Design by Simoncelli MotoGP | Published by Bloggers Templates | Powered by Blogger.com.