Vale: "Kita Kembali ke GP11"

Saturday, July 16, 2011

Feeling yang bagus terhadap prototype 1000cc yang akan digunakan tahun depan, baik saat dicoba di Jerez maupun Mugello, membuat GP11 dipensiunkan setelah Filippo Preziosi menawarkan pilihan untuk menggunakan GP11.1.

Akhirnya setelah tiga Grand Prix dilalui dan diikuti dengan hasil kualifikasi yang sangat buruk, dimana catatan waktu Rossi berada di posisi kedua dari bawah, Rossi memutuskan untuk mundur dan kembali ke GP11.

Setelah kulifikasi Rossi berkomentar, "Kami berfikir untuk kembali ke motor lama, besok malam kami akan lihat apakah hal itu memungkinkan, mengingat rotasi mesin dan ketersediaan mesin yang masih kami miliki. Aku tidak tahu apakah aku bisa menggunakanannya di Laguna Seca."

Apa masalah terbesarmu dengan motor?

"Bagian depan (front end), sama dengan pada GP11, membuatku tidak bisa berkendara dengan benar. Masalah itu tidak membuatku yakin saat berkendara, jadi kualitasku sebagai pembalap tidak muncul."

Kenapa motor terasa berbeda dengan saat menggunakan mesin 1000cc?

"Kami belum bisa menemukan jawabannya. Mungkin karena dibutuhkan gaya berkendara yang berbeda; dimana dengan tenaga yang lebih besar, kecepatan di tikungan (corner speed) tidaklah sepenting saat di mesin 800cc. Aku tidak bisa memberikan beban pada bagian depan motor GP11.1. Di Assen dan Mugello kemarin kami tidak punya cukup waktu untuk melakukan uji coba, tapi di Jerman kami punya cukup banyak waktu dan ternyata hasilnya lebih buruk."

Apakah lapisan aspal baru di Mugello memberikanmu gambaran yang salah terhadap potensi GP12?

"Tidak, kami tahu kalau kondisi treknya telah lebih baik dan kami sudah mempertimbangkan hal ini. Disamping itu aku juga merasa baik saat uji coba di Jerez, dimana sirkuit itu tidak berubah sama sekali. Itulah kenapa kami memutuskan untuk mengambil kesempatan (menggunakan GP11.1)."

Siapa yang paling mendorong untuk menggunakan GP11.1 ini?

"Ini adalah keputusan bersama antara diriku dan tim dan kami didorong untuk membuat fans tetap gembira. Akhir pekan Silverstone dimana kami kesulitan pada kondisi basah maupun kering benar-benar memukul kami, dan membuat kami tergesa untuk mendapatkan hasil yang baik."

Apakah GP12 masih merupakan proyek yang valid untuk musim depan?

"Mungkin kami akan memikirkan hal lain untuk tahun 2012. Kami harus melakukan sesuatu lebih banyak."

Apakah kami bisa mengharapkan kejutan pada balapan nanti?

"Tidak ada kemungkinan untuk kembali, hasil balapan nanti akan mengatakannya. Untung saja Capirossi tidak ikut, kalau tidak aku akan berada di posisi terakhir."

Musim 2011 ini pastinya menjadi musim tersulit dalam karier The Doctor, tapi Vale pasti belajar banyak hal dari pengalaman ini.

No comments:

Post a Comment


 
© Copyright 2011-2012 Simoncelli MotoGP All Rights Reserved.
Template Design by Simoncelli MotoGP | Published by Bloggers Templates | Powered by Blogger.com.