Stoner Cerita Tentang Karakter 1000cc

Sunday, July 10, 2011

Casey Stoner bersama Valentino Rossi dan Nicky Hayden merupakan pembalap yang sudah mencicipi prototype yang akan digunakan pada musim depan. Sementara itu Jorge Lorenzo dan Ben Spies tidak jadi berpartisipasi dalam uji coba di Mugello, karena Yamaha memutuskan untuk menunda debut prototype 1000cc mereka pada sesi uji coba setelah balapan di Brno nanti.

Wawancara ini dipublikasikan oleh Honda Motor Sports, dimana Stoner menjawab beberapa pertanyaan mengenai prototype 1000cc yang akan digunakan pada musim depan dan mendiskusikan karakteristik motor terhadap gaya berkendaranya:

Dengan menggunakan tikungan tertentu, bagaimana perbedaan teknik yang dibutuhkan antara mengendarai Repsol Honda RC212V dengan motor yang akan digunakan tahun depan?

"Sangat sulit untuk dijelaskan, karena pada dasarnya tidak ada satu tikungan pun yang persis sama di dunia ini. Jadi aku fikir untuk mengendarainya ya sama saja. Faktanya aku akan mengambil setiap tikungan sesuai dengan cara yang diperlukan dalam mengendarai motor tersebut. Dengan mesin 1000cc aku rasa itu tidak akan tergantung pada cara berkendara, karena kamu akan bisa menutupi kehilangan waktu dengan tenaga motor yang lebih besar. Tapi pada waktu yang sama, kamu akan lebih berkonsentrasi pada saat keluar tikungan daripada keluar tikungan dengan cepat. Ini masih akan sangat dipengaruhi dari cara mengambil tikungan, tapi menurutku lebih banyak pada bagaimana cara masuk tikungan dan keluar tikungan daripada racing line pada area tertentu seperti yang kita lakukan pada 800cc saat memasuki tikungan. Hal ini akan sedikit merubah cara berkendara dari pembalap."

Apakah hal ini akan merubah jalannya balapan?

"Bisa jadi iya dan bisa juga tidak. Aku tidak terlalu yakin. Masih akan ada pertarungan ban seperti yang terjadi pada bagian awal kelas 800c yang membuat balapan menjadi seru dan terjadi salip menyalip hingga akhir balapan. Sekarang dengan 1000cc, tidak akan terjadi banyak perbedaan. Aku telah mengendarai mesin 1000cc lagi dan perbedaan dari  1000cc dengan 800cc tidak terlalu signifikan. Yang terutama akan kamu rasakan adalah pada gigi tinggi. Pada mesin 800cc, di gigi empat dan lima pada dasarnya sudah tidak banyak menghasilkan torsi lagi. Tapi dengan mesin 1000cc kamu masih punya torsi. Dengan 1000cc kamu bisa wheelie pada setiap gigi, sedangkan pada 800cc hanya pada gigi dua dan tiga, terkadang gigi empat juga, jadi kamu harus lebih mengontrol wheelie lagi. Tapi disamping itu, para pembalap akan beradaptasi dengan cepat."

No comments:

Post a Comment


 
© Copyright 2011-2012 Simoncelli MotoGP All Rights Reserved.
Template Design by Simoncelli MotoGP | Published by Bloggers Templates | Powered by Blogger.com.