Performa GP11.1 Yang Fluktuatif Membingungkan Rossi

Sunday, July 17, 2011

Hasil yang sangat buruk pada sesi kualifikasi memberikan gambaran bahwa yang terbaik adalah kembali menggunakan GP11, tapi setelah performa yang cukup baik saat balapan membuat Rossi dan Ducati menjadi kebingungan dalam menentukan langkah mana yang akan dipilih, apakah tetap menggunakan GP11.1 ataukan kembali ke GP11.

"Tadi malam aku sudah yakin kalau kita harus menggunakan motor lama di Laguna Seca dan sekarang setelah melihat hasil balapan, kami masih harus memikirkannya lagi."

Apa perubahan yang terjadi pada saat balapan dibandingkana dengan saat kualifikasi?

"Kami melakukan sesuatu yang belum pernah kami lakukan sebelumnya, yaitu modifikasi besar-besaran, merubah weight bias ke bagian belakang motor. Ini memberikanku traksi tambahan dan motor jadi lebih cepat pada saat masuk tikungan dan pada saat melakukan pengereman."

Tapi itu belum cukup untuk mengalahkan Hayden dan Bautista...

"Mulai dari barisan paling belakang itu sulit, tapi untungnya aku bisa mendapatkan beberapa posisi dan aku tahu kalau sebenarnya aku bisa membalap dengan Alvaro dan Nicky. Ketika ada trek kosong di depanku, aku bisa beberapa paruh detik lebih cepat dari mereka, tapi di paruh kedua balapan aku mengalami masalah girboks. Ada masalah saat menaikkan perseneling dari gigi 2 ke gigi 3. Aku kehilangan waktu pada saat keluar dari tikungan terakhir karena motor selalu mengangkat walaupun pada gigi 3, jadi aku harus bekerja keras untuk membuatnya tidak mengangkat. Aku berada di belakang Nicky pada lap kedua terakhir, tadinya aku fikir bisa melewatinya saat pengereman tikungan 1, tapi masalah girboks membuat Bautista menyalipku di trek lurus dan aku tidak bisa menyalipnya kembali."

Kamu berada dibelakang Hayden yang menggunakan GP11 selama beberapa saat. Perbedaan apa yang kamu dapatkan pada motornya?

"Kedua motor ini kurang lebih sama dan inilah berita buruknya. Kami berharap motor baru (GP11.1) lebih kompetitif, ternyata kami masih punya banyak masalah untuk dipecahkan. Sekarang kami akan memutuskan apa yang akan dilakukan pada Laguna Seca nanti; Apakah kami akan menggunakan GP11 ataukan keduanya motor GP11.1. Motor lama ada disini dan siap untuk dikirim, tapi ini akan menjadi masalah jika terjadi sesuatu hal pada salah satunya."

Apakah balapan sebelumnya ini sulit bagimu, karena dari awal terlihat kalau kamu tidak bisa bersaing untuk menang?

"Pada kondisi seperti ini kamu harus punya target yang realistis. Hari ini aku tahu kalau aku akan membalap dengan grup itu (Bautista dan Hayden). Kami melakukan beberapa overtaking yang manis dan aku menikmatinya. Sayang sekali aku tidak membalap di depan, tapi aku selalu memberikan yang terbaik, bahkan ketika aku tidak bersaing untuk mendapatkan podium utama. Aku adalah seorang profesional."

Apakah seharusnya kamu dan tim mengambil pendekatan yang berbeda?

"Masalahnya adalah kami masih tidak mengenal motor ini dan perubahan setelan pada motor lama tidak bekerja pada motor baru ini. Pekerjaan yang kami lakukan ini sedikit membingungkan, tapi kami harus mencoba hal baru walaupun ada resiko kesalahan. Tentu saja kamu bisa kebingungan ketika mencoba menyetel motor baru, tapi tidak salah jika bereksperimen dan mencoba hal baru."

Kenapa Stoner bisa mendapatkan hasil yang bagus dengan motor tahun lalu?

"Casey tumbuh di MotoGP dengan Ducati, jadi hal itu membuatnya lebih mudah. Aku datang dari motor yang dikendarai dengan cara yang sama sekali berbeda dan aku juga sedikit lebih tua darinya."

Apakah sasis aluminium bisa menyelesaikan masalahmu?

"Aku tidak pernah memintanya pada Ducati dan aku tidak tahu apakah itu akan menjasi solusi. Aku pembalapanya sementara engineer harus memutuskan apa yang harus dilakukan pada masa yang akan datang. Kami tidak perlu sasis baru untuk memecahkan masalah kami."

Bagaimana perbedaan hal ini dengan tahun pertamamu dengan M1?

"Masalah yang terjadi pada Yamaha saat itu adalah lambat di trek lurus, tapi dapat dikendarai dengan baik di tikungan. Motor ini cepat, tapi kamu tidak bisa mengendarainya dengan baik di tikungan."

No comments:

Post a Comment


 
© Copyright 2011-2012 Simoncelli MotoGP All Rights Reserved.
Template Design by Simoncelli MotoGP | Published by Bloggers Templates | Powered by Blogger.com.