Bridgestone Merevisi Alokasi Ban

Tuesday, July 19, 2011

Untuk menghadapi Grand Prix Amerika yang akan digelar di sirkuit Laguna Seca pada akhir pekan ini, dipilihlah komponen ban belakang yang lebih lembut beserta dengan komponen yang ekstra-lembut untuk meningkatkan performa dalam sesi warm-up, karena sesi pagi hari bisa cuaca sejuk.

Kemudian dimulai setelah Grand Prix Ceko dan seterusnya akan terjadi perubahan yang signifikan, yaitu: Bridgestone akan menyediakan jumlah ban depan lebih banyak bagi setiap pembalap  dengan tiga pilihan komponen. Bridgestone juga merevisi alokasi ban belakang sehingga lebih banyak pilihan bagi pembalap.

Peraturan sebelumnya hanya mengizinkan dua pilihan komponen baik untuk ban depan maupun ban belakang, dimana setiap pembalap mendapat jatah 8 ban depan dan 10 ban belakang pada setiap akhir pekan. Mulai dari Brno dan seterusnya, Bridgestone akan mempersiapkan tiga opsi komponen untuk ban depan dengan jumlah total 9 ban per minggu. Sementara itu 10 ban belakang masih tetap tersedia dalam dua pilihan komponen, tapi sekarang pembalap bisa memilih lebih banyak ban untuk salah satu komponen yang lebih mereka sukai, yaitu hingga enam ban, sehingga jatah ban dengan komponen lainnya adalah empat.

Komponen soft sudah dipilih untuk balapan di Australia dan Valencia, sehingga tidak ada pilihan komponen ban yang lebih lunak, hal ini membuat opsi komponen ketiga tidak diperlukan karena tidak bermanfaat bagi pada pembalap. Sementara di Malaysia yang memiliki karakter temperatur dan kecepatan tinggi serta pengereman yang berat pada kedua trek lurus Sepang ini, membuat opsi komponen ketiga yang lebih lunak tidak cocok untuk digunakan, karena tingkat keausan akan sangat tingga dan tidak cukup stabil.

Mulai sekarang setiap pembalap akan mendapat jatah pada sesi latihan bebas hari kamis sebanyak 5 ban depan (2 keras, 2 medium, 1 lunak), terutama untuk kondisi yang sejuk. Setelah FP2 pembalap bisa memilih komponen mana yang ingin mereka gunakan untuk sisa 4 ban depan mereka, sehingga jumlahnya 9 ban.

No comments:

Post a Comment


 
© Copyright 2011-2012 Simoncelli MotoGP All Rights Reserved.
Template Design by Simoncelli MotoGP | Published by Bloggers Templates | Powered by Blogger.com.