Rossi: "Kami Telah Mencoba Semuanya!"

Sunday, June 12, 2011

Valentino Rossi pasti sedang mengalami masalah serius hingga juara dunia sembilan kali ini terpisah 3,7 detik dari pemegang pole. Setelah kualifikasi Rossi memberikan penjelasan mengenai hasilnya yang jelas tidak memuaskan ini.

"Ini adalah hari yang sulit, pastinya adalah akhir pekan yang sulit. Saat kualifikasi aku berharap bisa mencatatkan waktu lebih baik, tapi kami hanya memotong waktu kami satu detik, sementara yang lain bisa memangkas catatan waktu hingga lebih dari dua detik. Bahkan kami bermasalah jika dibandingkan dengan Ducati lainnya, jadi jelas kalau kami belum bisa bekerja dengan baik di trek ini. Aku kesulitan dalam berkendara, aku lambat saat masuk tikungan dan aku tidak bisa mengambil line yang aku inginkan. Kami sudah mencoba banyak hal pada setelan motor tanpa mendapatkan kemajuan. Mereka bilang kalau pada saat balapan nanti akan hujan, jadi kita lihat saja. Aku rasa kita tidak akan sekompetitif seperti di trek lain pada kondisi hujan, tapi mungkin akan sedikit lebih baik daripada kondisi kering. Bagaimanapun, kami harus melakukan yang terbaik dengan semua yang kami miliki."

Apakah kamu sudah melihat apa yang dilakukan pembalap Ducati lainnya, sehingga bisa membantumu?

"Ya, seperti biasanya, dan aku ulangi bahwa kami telah mencoba semuanya: meninggikan motor, merendahkannya, memperpanjang sumbu roda (wheelbase), memendekkannya, menyetel per dan pre-load tensioner-nya. Tapi tidak ada perubahan. Aku bisa berkendara dengan baik di trek lainnya walaupun aku memiliki masalah dan jarakku lebih dekat dengan Honda dan Yamaha. Disini tidak. Jika aku kehilangan 7 detik terhadap pemenang Barcelona dalam waktu 45 menit, maka disini aku beresiko akan kehilangan waktu sebanyak itu dalam dua lap!"

Apakah ini adalah momen paling sulit dalam karirmu?

"Rasanya tidak, pastinya ini adalah yang tersulit di tahun 2011."

Faktanya adalah kamu telah mencoba semuanya tetapi tanpa hasil, apakah ini akan menghambat mentalmu?

"Aku fikir tidak. Aku tidak khawatir karena situasi tidak seperti ini di sirkuit lainnya. Dan Ducati juga masih bekerja keras koq."

Karakteristik manakah dari trek ini yang menjadi masalah bagi Ducati?

"Aku harus mengerem dengan terlalu banyak pada saat masuk tikungan agar motor menikung dan aku kehilangan banyak waktu disana."

Jadi apa yang akan kamu lalukan nanti? Mematikan alarm dan tidur selama balapan?

"Tidak, tidak. Aku akan tetap membalap pastinya! Dengan kondisi ini aku berharap akan turun hujan, kemudian aku harap keadaan berbalik di Assen nanti, seperti di Le Mans dan Barcelona."

Semua orang menduga paling tidak Rossi lebih cepat 1,5 detik dari Karel Abraham, ternyata dia jauh lebih cepat dari kamu. Bagaimana kamu menjelaskannya?

"Eh, Abraham berkendara dengan baik, bahkan dia berada di depan Hayden. Ketika mengikutinya aku melihatnya saat mengambil tikungan, dia jauh lebih memaksakan motor daripada yang aku lalukan. Itulah mungkin, selebihnya aku tidak tahu."

Apakah kamu merasa lebih buruk jika dibandingkan dengan saat kehilangan gelar di Valencia tahun 2006 yang lalu?

"Tidak, itu adalah sesuatu yang berbeda dan di Valencia kekecewaan jauh lebih besar. Kami tahu kalau tahun ini akan sulit, paling tidak sampai kami menerima semua upgrade teknis. Pastinya aku tidak menduga sampai begini."

No comments:

Post a Comment


 
© Copyright 2011-2012 Simoncelli MotoGP All Rights Reserved.
Template Design by Simoncelli MotoGP | Published by Bloggers Templates | Powered by Blogger.com.