Yamaha Mundur Dari World Superbike

Friday, August 5, 2011

ITGP – Keputusan Yamaha mundur dari ajang World Superbike (WSBK) tentu tidak ada sangkut paut secara langsung dengan MotoGP. Tetapi secara tidak langsung jelas sangat berhubungan. Keputusan ini memberi gambaran betapa keadaan keuangan Yamaha tidak dalam kondisi yang baik.
Yamaha WSBK Di Balik Mundurnya Yamaha Dari Superbike
Dalam pernyataan resminya, Yamaha menyatakan tetap menjamin ketersediaan spare part bagi tim swasta yang menggunakan Yamaha R1 maupun R6. Yamaha sepertinya terinspirasi dari langkah Ducati. Akhir musim 2010 lalu Ducati Corse memutuskan cabut dari Superbike. Nyatanya, Carlos Checa tahun ini berhasil menjadi pimpinan kelasemen sementara meski hanya menggunakan motor Ducati non pabrikan.
Menurunnya pangsa pasar motor roda dua di kawasan Eropa membuat Yamaha lebih memilih menarik sumber dayanya untuk fokus “melayani” konsumen guna meningkatkan penjualan.
Kawasan Eropa memang hingga saat ini masih mengalami krisis ekonomi. Selain menurunnya daya beli produk otomotif, minat perusahaan besar untuk menjadi sponsor tim di berbagai ajang olah raga juga menurun. Tahun ini, baik di MotoGP maupun di Superbike Yamaha tampil dengan warna biru pabrikan alias tanpa sponsor utama.
Beban Yamaha semakin berat karena harus mempersiapkan motor baru 1000cc guna menghadapi persaingan di kelas MotoGP musim 2012 mendatang. Hingga saat ini Yamaha belum menunjukkan motor tersebut ke hadapan publik. Rencananya motor baru Yamaha akan di uji coba usai race di seri Brno, Ceko.
Semoga saja dengan keputusan keluar dari WSBK membuat Yamaha lebih fokus dalam menghadapi ketatnya persaingan di arena MotoGP.

No comments:

Post a Comment


 
© Copyright 2011-2012 Simoncelli MotoGP All Rights Reserved.
Template Design by Simoncelli MotoGP | Published by Bloggers Templates | Powered by Blogger.com.