Yamaha Beruntung masih Ada Edwards

Monday, June 13, 2011

ITGP – Lap ke-9 MotoGP Silverstone benar-benar menjadi malapetaka buat team Yamaha Factory Racing. Kedua rider mereka mengalami kecelakaan dalam waktu yang nyaris bersamaan. Satu-satunya berita baik adalah bahwa Jorge Lorenzo dan Ben Spies tidak mengalami cedera yang serius. Sementara Yamaha juga masih bisa sedikit menyungging senyuman karena Colin Edwards mampu naik podium ke-3.
Lorenzo Crash Silverstone 2011 Yamaha: Untung Masih Ada Edwards

Jorge Lorenzo dan rekan setimnya Ben Spies menghabiskan akhir pekan dengan baik untuk menentukan set-up motor. Mereka mencetak waktu tercepat ketiga dan keempat dalam sesi kualifikasi yang berlangsung dalam kondisi kering. Lorenzo juga memulai balapan dengan baik, mengambil posisi pertama selepas start walau kemudian harus rela didahului Casey Stoner, Andrea Dovizioso dan juga Marco Simoncelli.
Sirkuit Silverstone yang basah oleh guyuran hujan lebat membuat Lorenzo dan Spies dipaksa menghentikan aksinya setelah terlempar dari motornya masing-masing di lap ke-9. Buat Lorenzo, hasil ini bukan hanya membuat rekor selalu finish-nya sejak MotoGP Australia 2009 terhenti tetapi juga menggusurnya dari puncak kelasemen sementara dengan selisih 18 poin atas Stoner.
“Saya merasa kecewa karena kecelakaan itu kesalahan saya sendiri. Sayang bagi tim karena mereka melakukan pekerjaan yang sangat baik sepanjang akhir pekan dan juga Fan Club saya yang datang ke sini untuk mendukung saya. Saya balapan dengan yakin. Tapi saya harus menunggu saat menyalip Andrea. Saya rasa saya bisa berjuang untuk kemenangan dengan Casey saya tidak khawatir bahwa Simoncelli telah ‘menangkap’ saya; saya khawatir karena Casey akan jauh jika saya tidak menyalip Andrea … maka saya jatuh! Sebelumnya Casey mengejar saya, seperti greyhound dengan kelinci tetapi sekarang situasi telah terbalik. Sekarang kita harus pergi untuk kemenangan di Assen! Saya ingin mengucapkan selamat kepada Colin; Ini telah menjadi akhir pekan yang baik untuknya. Dia layak untuk itu setelah minggu lalu”, ungkap Lorenzo dalam rilis resmi team.
Sementara Ben Spies pun tak kuasa menyembunyikan kekecewaannya. Rider Amerika ini mengalami kecelakaan yang lebih fatal dibandingkan Lorenzo.
“Saya sangat kecewa selesai seperti ini setelah kami bekerja keras untuk mempersiapkan lomba. Akhir pekan yang menantang bagi semua orang dengan perubahan cuaca yang berbeda, tetapi kami siap untuk balapan dengan paket yang benar-benar baik. Track benar-benar basah, ketika saya menginjak rem saat masuk  turn one bagian depan jatuh dan saya menabrak dinding sebelum aku menyadarinya. Saya memukul punggung saya cukup parah, pelindung punggung saya benar-benar rusak, tapi itu memang tugasnya. Saya benar-benar sakit dan mungkin membutuhkan bantal besar untuk beberapa hari tapi saya senang itu tidak lebih buruk. Kami akan mengambil beberapa hari untuk bersantai dan memulihkan kemudian kembali pertempuran di Assen”, kata Spies.
Edwards Silverstone Podium Yamaha: Untung Masih Ada Edwards
Di balik bencana itu, secara mengejutkan Colin Edwards meraih podiumnya yang pertama di musim 2011 ini sekaligus menjadi satu-satunya penunggang Yamaha yang mampu finish di seri Silverstone. Rekan Satu timnya, Cal Crutchlow harus menghabiskan malam di John Radcliffe Hospital di Oxford setelah ia menderita patah tulang leher kiri dalam kecelakaan kecepatan tinggi pada awal sesi kualifikasi.
Podium Edwards semakin istimewa karena itu diarihnya hanya berselang seminggu setelah dia menjalani operasi tulang selangka akibat kecelakaan di Catalunya.
“Balapan luar biasa dan untuk menyelesaikan di podium terasa menakjubkan. Saya senang bisa lolos kedelapan tetapi tidak pernah dalam sejuta tahun saya berpikir saya akan di podium lebih dari seminggu setelah putus tulang selangka saya. Saya perlu berterima kasih kepada Dr Xavier Mir untuk pekerjaan perbaikan yang ia lakukan pada bahu saya dan juga orang-orang saya di Monster Yamaha Tech 3 karena mereka memberi saya motor fenomenal hari ini. Bahu terasa besar dan itu adalah kerusakan otot sekitar tulang rusuk saya yang membuat saya rasa yang paling sakit. Tapi hujan pasti membantu karena fisik (mengandalkan) jauh lebih sedikit daripada di kering. Saya hanya mengertakkan gigi dan naik dengan itu, hanya mencoba untuk tetap mulus dan tidak membuat kesalahan. Kondisi cukup buruk dan dalam kasus ini kapan dan di mana Anda bisa mendorong. Saya senang bisa menyelesaikan balapan dan kemudian pulang untuk berpikir tentang Assen. Tapi saya melihat beberapa orang mengalah dengan kondisi dan aku melihat P3 oleh papan dan aku tidak bisa percaya. Pada waktu itu meskipun masih ada delapan atau sembilan lap untuk pergi dan saya tidak bisa merasakan tangan saya atau kaki saya karena begitu basah dan dingin. Sulit tapi itu cara yang baik untuk akhir pekan untuk tim setelah apa yang terjadi dengan Cal (Crutchlow). Tak seorang pun ingin terluka, tapi terluka untuk home race adalah benar-benar sulit, jadi saya ingin pemulihannya cepat dan berharap melihatnya kembali di Assen,”  ungkap Edwards.

No comments:

Post a Comment


 
© Copyright 2011-2012 Simoncelli MotoGP All Rights Reserved.
Template Design by Simoncelli MotoGP | Published by Bloggers Templates | Powered by Blogger.com.