Nama Sekolah : SMA Negeri 2 Purbalingga
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas / Semester : X/2
Pertemuan : 1, 2, 3
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
Standar Kompetensi :
Memahami pengaruh masuknya Agama Hindu dan Budha di Indonesia
Kompetensi Dasar :
1. Mengemukakan faktor-faktor yang melatarbelakangi masuknya Agama Hindu dan Budha di Indonesia
2. Menemukan percampuran kebudayaan antara kebudayaan asli Indonesia dengan kebudayaan Agama Hindu dan Budha
Indikator :
1. Mampu Mengemukakan faktor-faktor yang melatarbelakangi masuknya Agama Hindu dan Budha di Indonesia
2. Mampu Menemukan percampuran kebudayaan antara kebudayaan asli Indonesia dengan kebudayaan Agama Hindu dan Budha
Tujuan :
Setelah pembelajaraan ini, peserta didik di harapkan mampu untuk:
1. Mengemukakan faktor-faktor yang melatarbelakangi masuknya Agama Hindu dan Budha di Indonesia
2. Menemukan percampuran kebudayaan antara kebudayaan asli Indonesia dengan kebudayaan Agama Hindu dan Budha
Materi Ajar :
Pengaruh masuknya Agama Hindu dan Budha di Indonesia
Metode Pengajaran :
1. Ceramah
2. Pemberian Tugas
3. Diskusi
4. Tanya Jawab
Langkah Pembelajaran :
1. Kegiatan awal
Apresiasi guru membuka pembelajaran dengan menjelaskan secara garis besar mengenai latar belakang masuknya Agama Hindu dan Budha di Indonesia serta pengaruh yang ditimbulkan
2. Kegiatan inti
Guru membagi peserta didik menjadi empat kelompok dengan dua materi yang berbeda yaitu latarbelakang masuknya Agama Hindu dan Budha di Indonesia serta pengaruh Hindhu dan Budha di Indonesia, setiap dua kelompok menganalisis materi yang berbeda dan mempresentasikannya. Setiap kelompok diberi waktu dua puluh menit untuk presentasi dan tanya jawab
3. Kegiatan penutup
Guru memberikan penguatan materi yang baru saja dibelajarkan serta bersama-sama melakuka refleksi materi yang telah dibahas dan menarik kesimpulannya
Sumber Belajar :
1. Buku Sumber Sejarah SMA X-ESIS (hal 1-20)
2. LKS
3. Buku-buku penunjang yang relevan
4. Power Point, OHP
Penilaian :
1. Bentuk lisan dengan Tanya Jawab
2. Bentuk Tertulis dengan Pengumpulan Tugas melalui LKS
No comments:
Post a Comment