Motorhome Doni Tata di Eropa

Thursday, April 16, 2009



Mungkin Doni Tata Pradipta jadi pembalap Indonesia yang paling beruntung karena bisa menikmati atmosfer balap ala Eropa. Di sana para pembalap bisa dengan mudah menjelajahi satu sirkuit ke sirkuit lain dengan jalan darat. Motorhome jadi alat transportrasi yang digunakan oleh tim-tim balap di Eropa. Bahkan beberapa pembalap sekelas MotoGP pun melakukan hal yang sama.


Jarak antar negara di Eropa yang tidak cukup jauh dan mampu di jangkau dengan transportsi darat menjadi keuntungan tersendiri bagi pembalap Eropa. Mereka bisa lebih mudah menghampiri satu kompetisi ke kompetisi lainnya. Jadi jangan heran bila pembalap Eropa lebih matang urusan jam terbang.

“Tahun ini pertama kalinya saya balap alat transportasinya motorhome, dan rasanya sangat menyenangkan!,” buka Doni.

“Tahun lalu kemana-mana selalu naik pesawat lalu ke hotel terus baru ke sirkuit, yang pasti lebih capek,” lanjut Doni. Urusan istirahat juga lebih nyaman. “Yang pasti enggak perlu bangun pagi-pagi untuk menghindari macet dari hotel ke sirkuit. Istirahat lebih nyaman,” aku pembalap asal Sleman, Yogyakarta ini.

Pantas saja nyaman, di motorhome Fiat yang dipakai Doni ini dilengkapi dengan TV lengkap dengan satelit TV-nya. Ada dapur mini, toilet, lemari pakaian, ac dan pemanas ruangan. Serasa hotel berjalan.

Akhirnya pengeluaran hotel pun bisa ditekan, gantinya dengan motorhome ini. Tim YZF Yamaha selalu membawa dua mobil, satu motorhome yang dipakai Doni dan satu lagi truk besar untuk mengangkut motor dan kru tim.

Selain itu Doni juga mengakui dengan motorhome ini ada satu keuntungan lagi. Doni akhirnya bisa lebih dekat dengan pembalap-pembalap lain yang turun di World Superbike (WSBK) dan World Supersport (WSS).

“Lebih dekat sama pembalap lain. Bisa bertemu dan ngobrol di living home area,” terang Doni yang mengaku tidak canggung bergaul dengan pembalap-pembalap bangkotan di WSS ini.

Sebenarnya pola transportasi balap dengan motorhome sebagai pengganti hotel bisa saja diterapkan di Indonesia. Pada kejuaraan road race atau motocross tanah air yang serinya keliling di beberapa kota, motorhome bisa dijadikan alternatif. Bahkan Doni Tata saat masih balap bebek di Indonesia sudah mencoba menerapkan hal ini.

Hanya saja saat itu motorhome Doni belum semewah hotel dengan berbagai macam fasilitas seperti yang disebutkan di atas. Doni masih perlu hotel untuk tidur dan beristirahat. “Dulu aku pakai truck Mitsubisi yang di kasih body bus. Tapi sekarang udah dijual,” aku Doni. Gimana pembalap Indonesia? Tertarik punya motorhome?

No comments:

Post a Comment


 
© Copyright 2011-2012 Simoncelli MotoGP All Rights Reserved.
Template Design by Simoncelli MotoGP | Published by Bloggers Templates | Powered by Blogger.com.