Inilah Rahasia Sukses Honda 2011

Monday, February 28, 2011

Honda telah memulai tahun ini dengan persiapan yang gemilang, namun hal ini menuai sindiran bahwa mereka memiliki keunggulan teknis yang ilegal pada RC212V versi 2011 mereka, karena Honda memang punya sejarah buruk pada masa lalu. Ternyata dan pastinya sangat berbeda. Tidak ada rahasia yang spesial bagi kesuksesan mereka kecuali kerja keras yang sebenarnya telah dimulai sejak tahun lalu dan sekarang mulai membuahkan hasil yang bisa mereka nikmati. Livio Suppo akan menjelaskan apa yang terjadi di kubu Honda.

"Baik Dani maupun Dovi belum memilih sasis mana yang mau mereka gunakan, tapi perbedaannya hanya sedikit dan hal itu bukanlah masalah. Untuk komponen ini, Casey tidak suka dengan garpu barunya dan dia tidak mau membuat kesalahan apapun."

Jadi kecepatan ekstra itu terjadi karena persaingan internal?

"Itulah yang mereka duga. Mereka berdua tahu bahwa satu sama lainnya akan sangat kuat juga."

Dan pembicaraan kita mengenai kemungkinan penggunaan DCT (Dual Clutch Transmission) yang ilegal, bagaimana komentarmu?

"Honda sudah sangat kuat pada tahun 2010. Pedrosa hanya tertahan karena beberapa insiden pada tahun lalu. Dual clutch? Honda melakukan sesuatu yang menyimpang dari regulasi merupakan hal yang tak bisa dibayangkan. Hasil ini terjadi karena para pembalap kuat ini saling menekan satu sama lain. Kami berurusan dengan motor yang sangat bagus dan telah jauh meningkat."

Apakah ada kesempatan untuk mengulang kisah pada tahun 1997, ketika pembalap Honda berada di top five di akhir musim?

"Honda benar-benar dominan pada tahun 1997, tapi aku fikir kami tidak akan bisa mencapai level itu. Pada tahun 1998 ketika Max Biaggi datang ke Honda, tapi dengan Marlboro sebagai ganti Repsol, dengan sponsor yang berbeda tentunya membawa angin perubahan. Setidak-tidaknya, pada saat ini, dengan Spies dan Lorenzo yang juga sangat kuat, aku fikir tidak akan terjadi dominasi yang menyeluruh."

No comments:

Post a Comment


 
© Copyright 2011-2012 Simoncelli MotoGP All Rights Reserved.
Template Design by Simoncelli MotoGP | Published by Bloggers Templates | Powered by Blogger.com.