Fitur terbaru di Android 2.3 a.k.a. Gingerbread

Wednesday, December 22, 2010

Perbaikan UI (user interface) Demi Kemudahan dan Kecepatan
Tampilan dalam sistem diperbaiki sehingga membuatnya lebih mudah dipelajari, lebih cepat digunakan, dan lebih efisien dalam penggunaan energi. Penyederhanaan warna tema visual menjadi hitam pada notifikasi bar, menu, dan bagian lain UI membawa kesan hidup dan kontras. Perubahan di dalam menu dan pengaturan gadget membuat pengguna lebih mudah dalam navigasi dan mengontrol fitur-fitur dari sistem dan gadget.

Lebih Cepat, Input Teks Yang Lebih Intuitif
Soft keyboard pada Android didesain ulang dan dioptimalkan agar lebih cepat pada proses penginputan dan pengeditan teks. Tombolnya pun disusun dan diposisikan ulang untuk meningkatkan kemudahan dalam memilih, sehingga membuatnya lebih mudah dilihat dan ditekan dengan akurat, walaupun pada kecepatan tinggi. Keyboard juga menampilkan karakter yang sedang ditekan dan kamus prediksi dalam bentuk yang lebih besar, lebih hidup, dan pastinya lebih mudah dibaca.
Pada sisi keyboard juga ditambahkan kemampuan untuk  memperbaiki kata yang telah diketik, dengan kata-kata yang disarankan oleh kamus. Ketika pengguna memilih salah satu kata yang telah dimasukkan, keyboard akan menampilkan prediksi kata yang bisa dipilih oleh pengguna, untuk mengganti kata yang dipilih tadi. Pengguna juga bisa menggunakan menginput dengan suara untuk mengganti kata yang telah dipilih tadi, jika diperlukan juga tersedia dari beberapa set kata yang telah disarankan.
Key-chording multitouch yang baru juga dapat digunakan untuk memasukkan angka dan simbol dengan menekan Shift+[huruf] dan ?123+[Simbol], tanpa perlu merubah mode input secara manual. Dari tombol-tombol tertentu, pengguna dapat mengakses pop up menu yang berisi aksen karakter, angka, dan simbol dengan menahan suatu tombol dan menggesernya ke mode karakter yang ingin dipilih.
Satu Sentuhan Untuk Memilih Kata dan Fungsi Copy/PasteKetika memasukkan teks atau melihat suatu halaman web, pengguna dapat memilih suatu kata dengan cepat dengan cara menekan dan menahan (press-hold), lalu bisa di-copy ke clipboard untuk kemudian di paste. Dengan menekan suatu kata, pengguna akan dibawa masuk ke mode free-selection, dimana pengguna bisa mengatur area yang terseleksi sesuai dengan yang dibutuhkannya dengan menyeret panah yang terkait ke posisi yang baru,  kemudian dapat meng-copy kata diantara tanda panah dengan menekan dimana saja di area yang terseleksi. Untuk memasukkan teks, pengguna dapat menekan dan menggeser untuk masuk ke dalam mode kursor, kemudian merubah posisi kursor dengan mudah dan akurat hanya dengan menggeser panah kursor. Dengan mode seleksi dan mode kursor, maka tidak dibutuhkan trackball lagi.
Peningkatan Manajemen Penggunaan Baterai
Sistem Android memiliki peran aktif dalam mengatur aplikasi yang membuat gadget tetap terjaga untuk waktu yang lama, sehingga akan mengkonsumsi daya ketika suatu aplikasi bekerja di background. Dengan memantau aplikasi dan menutupnya jika perlu, maka sistem akan membantu memastikan performa terbaik dan daya tahan baterai maksimum.

Sistem juga memberikan visibilitas tambahan untuk menginformasikan pengguna mengenai komponen dan aplikasi apa yang berjalan dan seberapa besar dalam mengkonsumsi baterai.

No comments:

Post a Comment


 
© Copyright 2011-2012 Simoncelli MotoGP All Rights Reserved.
Template Design by Simoncelli MotoGP | Published by Bloggers Templates | Powered by Blogger.com.