Jerez merupakan salah satu trek yang disukai oleh banyak pembalap MotoGP, karena trek ini memiliki beberapa titik yang bagus untuk melakukan overtaking serta layout trek Spanyol ini membutuhkan kelincahan dan keseimbangan yang baik dari set-up motor. Stabilitas motor pada saat mengerem juga merupakan hal vital untuk bisa melibas tikungan cepat yang ada di sirkuit sepanjang 4.423 meter ini.
Ada beberapa zona hard braking, tapi Brembo sebagai perangkat rem yang dipercaya oleh para pembalap MotoGP hanya mengklasifikasikan sirkuit Jerez ini dalam kategori "medium" dari sudut pandang beban pengereman, dimana pembalap hanya melakukan pengereman sebesar 23% pada setiap lap.
Zona pengereman terberat terletak sebelum tikungan 'Dry Sack' yang berada tepat setelah trek lurus (nomor 04), dimana motor prototype MotoGP ini melakukan deselerasi dari 275 km/jam menjadi 85 km/jam hanya dalam waktu 5,9 detik dengan jarak pengereman 260 meter. Data lengkap dari setiap zona pengereman bisa dilihat di bawah.
Zona Pengereman 01
Kecepatan awal: 265 km/jam
Kecepatan akhir: 100 km/jam
Jarak pengereman: 240 meter
Waktu pengereman: 5,4 detik
Zona Pengereman 02
Kecepatan awal: 175 km/jam
Kecepatan akhir: 80 km/jam
Jarak pengereman: 140 meter
Waktu pengereman: 4,4 detik
Zona Pengereman 03
Kecepatan awal: 245 km/jam
Kecepatan akhir: 135 km/jam
Jarak pengereman: 208 meter
Waktu pengereman: 4,3 detik
Zona Pengereman 04
Kecepatan awal: 275 km/jam
Kecepatan akhir: 85 km/jam
Jarak pengereman: 260 meter
Waktu pengereman: 5,9 detik
Zona Pengereman 05
Kecepatan awal: 225 km/jam
Kecepatan akhir: 140 km/jam
Jarak pengereman: 180 meter
Waktu pengereman: 4,1 detik
Zona Pengereman 06
Kecepatan awal: 215 km/jam
Kecepatan akhir: 115 km/jam
Jarak pengereman: 145 meter
Waktu pengereman: 3,6 detik
Zona Pengereman 07
Kecepatan awal: 215 km/jam
Kecepatan akhir: 170 km/jam
Jarak pengereman: 132 meter
Waktu pengereman: 2,4 detik
Zona Pengereman 08
Kecepatan awal: 235 km/jam
Kecepatan akhir: 75 km/jam
Jarak pengereman: 202 meter
Waktu pengereman: 5,3 detik
Ada beberapa zona hard braking, tapi Brembo sebagai perangkat rem yang dipercaya oleh para pembalap MotoGP hanya mengklasifikasikan sirkuit Jerez ini dalam kategori "medium" dari sudut pandang beban pengereman, dimana pembalap hanya melakukan pengereman sebesar 23% pada setiap lap.
Zona pengereman terberat terletak sebelum tikungan 'Dry Sack' yang berada tepat setelah trek lurus (nomor 04), dimana motor prototype MotoGP ini melakukan deselerasi dari 275 km/jam menjadi 85 km/jam hanya dalam waktu 5,9 detik dengan jarak pengereman 260 meter. Data lengkap dari setiap zona pengereman bisa dilihat di bawah.
Zona Pengereman 01
Kecepatan awal: 265 km/jam
Kecepatan akhir: 100 km/jam
Jarak pengereman: 240 meter
Waktu pengereman: 5,4 detik
Zona Pengereman 02
Kecepatan awal: 175 km/jam
Kecepatan akhir: 80 km/jam
Jarak pengereman: 140 meter
Waktu pengereman: 4,4 detik
Zona Pengereman 03
Kecepatan awal: 245 km/jam
Kecepatan akhir: 135 km/jam
Jarak pengereman: 208 meter
Waktu pengereman: 4,3 detik
Zona Pengereman 04
Kecepatan awal: 275 km/jam
Kecepatan akhir: 85 km/jam
Jarak pengereman: 260 meter
Waktu pengereman: 5,9 detik
Zona Pengereman 05
Kecepatan awal: 225 km/jam
Kecepatan akhir: 140 km/jam
Jarak pengereman: 180 meter
Waktu pengereman: 4,1 detik
Zona Pengereman 06
Kecepatan awal: 215 km/jam
Kecepatan akhir: 115 km/jam
Jarak pengereman: 145 meter
Waktu pengereman: 3,6 detik
Zona Pengereman 07
Kecepatan awal: 215 km/jam
Kecepatan akhir: 170 km/jam
Jarak pengereman: 132 meter
Waktu pengereman: 2,4 detik
Zona Pengereman 08
Kecepatan awal: 235 km/jam
Kecepatan akhir: 75 km/jam
Jarak pengereman: 202 meter
Waktu pengereman: 5,3 detik
No comments:
Post a Comment