Jadwal Motogp 2009 Kalender dan Sirkuit

Tuesday, December 23, 2008 | 0 comments

Indonesia Tidak Ada Wakil di MotoGP250

| 0 comments

H. Yudhistira

Sayang sekali, harapan menggunung ada pembalap pengganti Doni Tata Pradita di kancah GP250 setelah positif hijrah ke World Super Sport,supporting race WSBKTak ada duta Indonesia yang digadang-gadang membela pabrikan Eropa yaitu H. Yudhistira dari tim Yamaha HRVRT BGM-HBM, Binuang,Kabupaten Tapin,Kalimantan Selatan.Peluang 70:30 seperti yang diutarakan Bambang Gunardi, wakil Indonesia di FIM jadi sirna. Tapi bisa jadi setelah Yudhistira gagal,sebelumnya Bima Oktavianus kurang berjaya di Jepang membela Honda Indonesia

Ya..paling gak Yudhistira bisa mendapatkan jatah wildcard.Gak usah diharapin lah pabrikan Jepang kalo memang untuk berkompetisi.Atau mungkin,bocah ajaib ini bisa menempuh dulu Red Bull Racing Academy..By the way,mana nih Kratingdaeng? bisanya cuma jualan doang di Indonesia? kalo gak dukung pembalap Indonesia mending balik ke Thailand aja deh!Kok kesannya provokator banget sich?he3x…KTM cabut dari GP250.GP250 jadi kurang greget.Hiroshi Aoyama pindah ke tim Scot Honda.Super Kribo bertahan dulu di kelas seperempat liter,menunggu salah satu pembalap tim mapan pensiun.oh,iya.Suer Sic,panggilan Simonceli keukeuh dengan nomer 58.

Pelajaran Rossi Buat Rider Muda

| 0 comments

Rossi Kecelakaan
Jakarta - Kesuksesan Valentino Rossi usai menjuarai MotoGP 2008 bisa menginspirasi para pembalap muda. Rossi boleh jadi berbakat, tapi dia jadi hebat bukan karena itu semata. Kerja keras-lah kunci utamanya.

Di tahun 2008, Rossi meraih gelar juara dunia ke-8 (di semua kelas) dengan jadi jawara di MotoGP. Ini juga menjadi gelar juara dunia keenam pembalap Italia itu di kelas primer (500cc dan MotoGP).



Rossi yang di musim 2008 memenangi sembilan seri itu sekaligus menyudahi "puasa" gelar juara dunia, di mana sudah dua musim titel itu lepas dari genggamannya.

Kejayaan pembalap Italia berusia 29 tahun itu musim ini juga tak diraih dengan mudah. Sang penunggang Yamaha harus mengatasi perlawanan para "darah muda" MotoGP macam Dani Pedrosa dan Casey Stoner --yang juara dunia 2007.

"Hal luar biasa yang dia lakukan musim ini adalah menunjukkan bahwa kalaupun kamu punya bakat besar dan juga seorang Valentino Rossi, kamu tetap harus bekerja keras mencapai gelar," tukas Davide Brivio di motorcyclenews.com.

Bos tim Yamaha Fiat tempat Rossi bernaung itu lantas menjabarkan bahwa apa yang telah diperagakan Rossi di lintasan, yakni berusaha giat dan tak semata mengandalkan bakat, adalah aspek yang harus ditiru para pembalap muda.

"Saya pikir ini adalah pesan yang harus dicamkan para rider muda. Kebanyakan dari pembalap muda terlalu mengandalkan bakat dan mungkin sedikit melupakan untuk terus berusaha."

"Valentino tak menghadapi musim ini dengan berkoar 'Aku juara dunia tujuh kali, dan jika ban dan motornya dalam kondisi bagus maka aku bisa memenangi balapan apapun.' Dia berpikir seperti itu tapi ini saja tak cukup dan dia banyak bekerja keras," pungkas Brivio.

Jadi, kira-kira 'The Doctor' telah "mengajarkan" bahwa bakat boleh luar biasa, tapi jangan pula lupakan untuk terus berusaha.




Valentino Rossi Tetap Memakai Nomer 46

| 0 comments

Valentino Rossi Tetap Memakai nomer 46
Paris - Sembilan belas rider yang akan ikut serta pada balap MotoGP 2009 resmi diumumkan. Seperti biasa, Valentino Rossi tidak akan memakai nomor 1 walaupun statusnya adalah juara bertahan.

Sebagai juara dunia 2008, Rossi berhak menempelkan nomor 1 pada motornya dalam balapan musim 2009. Namun pembalap Italia ini tetap setia pada nomor keramatnya, yaitu 46.

Sementara dalam daftar resmi yang diumumkan oleh FIM, Selasa (16/12/2008), Casey Stoner akan memakai nomor 27. Sebelumnya rider Ducati Malboro ini menyandang No.1 menyusul keberhasilannya menjadi juara di musim 2007.

Stoner akan didampingi oleh rekan barunya yaitu Nicky Hayden. Rider asal Amerika Serkat ini tetap memakai nomor 69. Sedangkan pembalap Rizla Suzuki Loris Capirossi juga bertahan dengan nomor ciri khasnya, 65.

Dani Pedrosa akan memakai nomor 3 dan rekannya di Repsol Honda Andrea Dovizioso memakai nomor 4. Masuknya nama Repsol Honda sekaligus memastikan keiikutsertaan mereka di ajang MotoGP, walaupun di dunia Formula 1 Honda sudah mundur.

Wajah baru tapi lama yaitu Sete Gibernau pun telah siap bertarung kembali. Pembalap Spanyol akan memperkuat tim baru yaitu Grupo Francisco Hernando dan akan menunggangi motor Ducati.

Formasi MotoGp 2009

| 0 comments

Sete Gibernau Grupo Francisco Hernando Ducati

Batas akhir pengumpulan data di Dorna telah terkumpul 16 Desember silam. Soal perubahan nomer start dilakukan oleh 2 pembalap Spanyol. Jorge Lorenzo akhirnya memakai nomer start 99. Ini berdasarkan hasil polling penggemarnya di Spanyol. Sedangkan Pedrosa memakai nomer start 3,berlandaskan prestasinya di musim 2008. 4 muka baru, yang satunya, baru tapi lama,yaitu Sete Gibernau. Kembali membela Ducati hanya saja sekarang bernaung di tim satelit. Sedangkan 3 lainnya adalah 2 jebolan GP250,Mika Kallio dan Yuki Takahashi,sedangkan satu lagi sempat menjajal kedigdayaan superbike Ducati, Niccolo Canepa.Nomer sakral 1 tidak ada lagi, karena Rossi keukeuh dengan nomer keramatnya,46. Uniknya, pembalap yang sempat mempergunakan nomer start 1,tergabung dalam satu tim, yaitu Ducati Marlboro.Keduanya kembali pada nomer startnya masing-masing, mantan juara dunia 2006,Nicky Hayden tetap menikmati 69. Sedangkan Casey Stoner setia dengan nomer 27.

Daftar Resmi pembalap MotoGP Musim 2009:
  1. 3 Dani Pedrosa Repsol Honda Honda
  2. 4 Andrea Dovizioso Repsol Honda Honda
  3. 5 Colin Edwards Tech 3 Yamaha
  4. 7 Chris Vermeulen Rizla Suzuki Suzuki
  5. 14Randy De Puniet LCR Honda Honda
  6. 15 Alex De Angelis San Carlo Gresini Honda
  7. 21 John Hopkins Kawasaki Racing Kawasaki
  8. 24 Toni Elias San Carlo Gresini Honda
  9. 27 Casey Stoner Ducati Marlboro Ducati
  10. 33 Marco Melandri Kawasaki Racing Kawasaki
  11. 36 Mika Kallio Pramac Racing Ducati
  12. 46 Valentino Rossi Fiat Yamaha
  13. 52 James Toseland Tech 3 Yamaha
  14. 59 Sete Gibernau Grupo Francisco Hernando Ducati
  15. 65 Loris Capirossi Rizla Suzuki
  16. 69Nicky Hayden Ducati Marlboro
  17. 72 Yuki Takahashi Scot Racing Honda
  18. 88 Niccolo Canepa Pramac Racing Ducati
  19. 99 Jorge Lorenzo Fiat Yamaha Yamaha

Rossi Sang Juara

Saturday, December 20, 2008 | 0 comments

Valentino Rosii Merayakan Kemenangan
Well… kesimpulan itu yang mungkin gue bisa ambil pada race MotoGP di Phillip Island …!!! Mungkin orang bisa ndak sependapat… yaagh monggo saza … tapi gue boleh laaagh mengambil suatu opini …!!! Si Juara MotoGP 2008 ini … kalau mau plesiiraaan… atau indehoy… juga nggak masalah… !!! 
Toh title Juara MotoGP 2008 nggak terusik-usik… !!! Ia mengikuti race di starting grid ke 12… dan ia tidak pula ‘mengusik’ Casey Stoner yang punya hajat di Aussie untuk juara di kandangnya… !!! Baginya cukup laaagh podium saza… namun sewaktu ada kesempatan… Hayden pun jadi korban… sekaligus memberikan message… riderz yang dikontrak Ducati di tahun 2009 itu… bukanlaagh lawannya… !!! So… tingkah nya seperti peribahasa Jawa ‘Menang tonpo Ngasorake’ (menang tanpa menghina pihak lain red.)… !!! :D

Doni Pindah ke superbike

Saturday, December 13, 2008 | 0 comments

Doni Tata
Petualangan Doni Tata di balapan kelas 250cc usai sudah. Pembalap Indonesia itu tak akan berkompetisi lagi di sana tahun depan.Doni, yang musim 2008 meraih satu poin dari hasil menempati posisi 15 di GP Cina, dipastikan tak akan ambil bagian tahun depan setelah Yamaha Jepang memutuskan untuk mengeliminasi keikutsertaan mereka di kelas 250cc. Keputusan tersebut diambil setelah melihat prestasi timpang pembalap Yamaha di kelas MotoGP dan 250cc.

Prestasi Yamaha di kelas MotoGP memang gemilang di tahun 2008. Selain menempatkan Valentino Rossi sebagai juara dunia, mereka juga sukses memunculkan Jorge Lorenzo sebagai Rookie of the Year. Catatan tersebut memang timpang jika melihat Doni yang hanya meraih satu poin di sepanjang musim.

Tetapi, hal itu dinilai bukan disebabkan oleh Doni. Yamaha sadar bahwa sebagus apapun potensi pembalap asal Yogyakarta itu, dia tetap akan kesulitan meraih poin jika masih menunggangi motornya musim lalu. Pasalnya, motor yang dikendarai Doni musim lalu adalah motor 2-tak yang sudah lama tidak dikembangakan Yamaha sejak beberapa tahun lalu.
Jadilah Doni kemudian dipindahkan ke ajang lain dulu, yakni Supersport World Championship. Ajang tersebut merupakan balap motor 4-tak 600cc yang menjadi supporting event untuk Superbike. “Tahun depan saya tak akan berlaga di 250cc. Saya akan berlaga di Supersport,” ujar Doni di acara Jakarta Motorcycle Show 2008, Minggu (7/12/2008). Musim 2008 lalu Andrew Pitt (mantan pembalap MotoGP) sebagai juara pertama di ajang ini, diikuti oleh Jonathan Rea (yang tahun lalu pernah disebutkan akan ditarik ke MotoGP) di posisi dua.

Pindahnya Doni ke ajang ini pun terkait regulasi baru untuk kelas 250cc untuk tahun 2010. Nantinya, kelas tersebut akan memakai motor 4-tak dengan mesin 600cc sehingga pindahnya pemuda berusia 18 tahun itu ke ajang Supersport World Championship dimaksudkan sebagai proses adaptasi diri.
Meski Doni tak lagi berlaga di kelas 250cc, Indonesia dikabarkan tak akan kehilangan wakilnya. Tahun depan direncanakan akan ada rider lain yang bakal menggantikan posisi Doni. Wah siapa nih? tunggu aja ya.

Moto2 Menggantikan Kelas 250cc

| 0 comments

Para Pembalap 250cc
Spesifikasi teknis untuk kejuaraan “Moto2″ diungkapkan, yang nantinya akan menggantikan kelas 250cc di tahun 2011. Perdebatan keputusan untuk mengganti kejuaaraan motor 2-tak saat ini di akhiri pada bulan Juni lalu, dengan publikasi spesifikasi tersebut FIM berharap tujuan utamanya untuk pengurangan biaya dapat tercapai, meskipun status gelaran tersebut masih merupakan ajang motor purwarupa (prototipe).
 
Diantara regulasi tersebut adalah, hanya mesin4-tak yang tidak menggunakan turbo ataupun supercharged yang diperbolehkan, tapi mereka boleh menggunakan mesin dua, tiga ataupun empat silinder. Dan ada juga pembatasan RPM mesin dengan berat minimum motor sebagai acuannya.

Satu aturan menarik yang di implementasikan adalah kompetitor dapat membeli mesin dari lawanya dengan harga tetap sebesar 20.000 Euro. Dengan ketentuan sebagai berikut:“Mesin yang digunakan dalam balapan dapat di beli oleh kompetitor lainnya dalam balapan yang sama dengan harga tetap 20.000 Euro. Permintaan pembelian tersebut harus di buat dengan tulisan sendiri kepada Race Direction selama periode protes yaitu selama 60 menit setelah balapan resmi selesai.

“Transaksi dan pengiriman akan di lengkapi segera pada menit ke-60 periode protes berakhir. Tim yang menolak menjual ketika ditunjukkan permintaan yang sah akan di diskualifikasi.”
Data keseluruhan regulasi kelas Moto2 untuk tahun 2011.

Faktor Keberhalisan Seorang Pembalap

| 0 comments

Rossi, Stoner, Pedrosa
Karakter Membalap seorang Pembalap
Merupakan faktor paling penting dalam usaha pembalap menjadi seorang kampiun, Umumnya setiap juara dunia memiliki ciri khas tersendiri yang tidak biasanya tidak dimiliki pembalap lainya. sebgai contoh Valentino Rossi juara motoGp 6 kali ini dikenal sebagai seorang Fighter. Karena ia gemar melakukan fight alias duel . Hal ini menjadikan Rossi sebagai pembalap yang memiliki skill di atas rata2 pembalap lainya.

Jika tidak memiliki skill seperti rossi bisa jadi karakter Daredevil alias nekad merupakan alternatif lainya, konon cara membalap seperti ini dilakukan oleh Casey Stoner. Juara dunia tahun 2007 ini membuktikan bahwa dirinya merupakan satu satunya yang bisa menandingi skill Valentino Rossi.

Alon Rider, alias pembalap yang memilih bermain aman juga bisa dijadikan referensi menarik. Hal ini diterapkan oleh Mick Doohan dan kini Nicky Hayden. Meski sedikit berbeda dengan Doohan yang cenderung membalap aman di posisi pertama, Nicky cenderung memilih bermain aman di posisi ke dua atau ke tiga.

Motor Mumpuni
Skill Hebat tapi tidak didukung motor mumpuni sama juga bohong! Ini terbukti dengan hancurnya prestasi Rossi di Tahun 2006 dan 2007. Meski demikian ketika Yamaha berhasil memenuhi keinginan Rossi, So pasti prestasi Rossi kembali terdongkrak di musim 2008 ini.Bahkan seluruh rider yamaha juga ketiban durian runtuh.

Motor mumpuni namun nggak bisa ada yang naikin juga sama! Ini terus menerus dialami Ducati Corse. Selain stoner sampai saat ini nggak ada pembalap Ducati lainya yang mampu memaksimalkan performa Ducati. Akibatnya ketika stoner tampil buruk, buruk pula penampilan Ducati.

Ban Yang Hebat
Ternyata jika banyak pembalap yang memilih bertransmigrasi ke Bridgestone dari Michelin rasanya memang keputusan yang tepat. Bahkan Rider sekaliber Rossipun merasa tidak mampu mengoptimalkan performa Yamaha jika tetap memakai ban Michellin. Hal serupa diikuti juga oleh rider Honda, Dani Pedrosa. Tetapi anehnya tidak seperti Rossi, Pedrosa kok nggak berubah ya? Bahkan Lorenzo yang setia dengan Michellin malah mampu tampil lebih baik … apa faktor Yamahanya ya yang berperan ?

Pembalap Ke Dua
Pembalap ke dua berfungsi memberikan input kepada tim dalam melakukan setingan motor. Pembalap kedua juga berperan besar dalam membantu pembalap utama mengumpulkan poin untuk tim dan konstruktor. Pembalap ke dua juga berperan besar dalam melapis pembalap utama jika yang bersangkutan tampil buruk.
Lagi lagi kita lihat dominasi Yamaha Tahun ini. Dominasi Yamaha tidak melulu dikarenakan oleh prestasi Rossi. Lorenzo terhitung rajin berada di podium musim ini, dan berperan besar membuat Yamaha menjadi juara dunia konstruktor musim ini. Lain halnya dengan juara tahun lalu - Ducati. Pembalap kedua justru tidak memiliki peran sama sekali. Bahkan keberadaan Melandri musim ini bisa dibilang hanya formalitas bagi ducati.
Kasus aneh kembali terulang di repsol honda. Mereka selalu kebingungan menentukan siapa pembalap pertama dan kedua. Pedrosa memang telah memenangkan 6 juara seri. Tetapi Hayden adalah Juara dunia 2006. Repsol pun menganak tirikan Hayden atas dasar kewarganegaraan. Ujung ujungnya bukan prestasi yang terdongkrak namun Konflik lah yang meledak … waduh !!!

Nasib dan Takdir
Skill hebat, Nyali besar dan didukung motor Hebat merupakan kunci menjadi pembalap sukses. Hal ini jarang dimiliki setiap pembalap. Tetapi bagi Darryl Beattie, Max Biaggi, Loris Cappirosi dan Sette Gibernau hal ini tidak bisa membawa mereka menjadi kampiun Dunia. Runner up atau peringkat ke tiga klasemen akhir adalah resume terbaik mereka. Entah engine trouble di seri balapan krusial atau ditabrak di saat memimpin lomba adalah rentetan nasib sial yang selalu menjauhi mereka dari gelar jawara dunia.

Alex Criville dan Hayden bukan pembalap yang hebat2 amat. Tetapi mereka mujur, disaat Doohan pensiun, Rossi sedang bermasalah, Capirossi dan Gibernau cidera plus dimana Stoner dan Pedrosa belum ada apa apanya ia tampil konsisten dan berhasil menjadi juara dunia. Nah ini dia faktor penting lainya … Nasib dan takdir.

Corak Helm Rossi

Thursday, December 11, 2008 | 0 comments

Hi para GP mania..
Gimana kabarmu hari ini..??
Semoga setiap hari selalu menjadi hari yang menyenangkan bagimu..
Jangan biarkan perasaan kekhawatiran menyerang dalam otakmu, melumpuhkan syaraf.

Yuk, langsung aja kita masuk ke topik utama...

Ini ada berbagai corak helm yang pernah di pake oleh Rossi sepanjang karirnya..
gambar berikut diambil dari www.drudiperformance.com

To be Continue,,,,

Info Lengkap Valentino Rossi (per. 9 Desember 2008)

Monday, December 8, 2008 | 0 comments

Setelah sekian lama mencari informasi tentang Rossi akhirnya, terjawab sudah, aku menemukan info lengkapnya disitus :

http://en.wikipedia.org/wiki/Valentino_Rossi

semua informasi tentang rossi :

1 The early years
2 The World Championship era
3 MotoGP
4 From Honda to Yamaha
5 Intense rivalries
6 Nicknames
7 Plans for the future
8 Equipment, symbols and superstitions
8.1 Helmets
8.2 Superstitions
9 Personal life
10 Career statistics
10.1 By Seasons
10.2 By class
10.3 Races by year
11 Records
12 References
13 External links

infonya lumayan update, namun masih dalam versi bahasa inggris.

kamu bisa baca sendiri disini


 
© Copyright 2011-2012 Simoncelli MotoGP All Rights Reserved.
Template Design by Simoncelli MotoGP | Published by Bloggers Templates | Powered by Blogger.com.